Senin, 06 Maret 2017

3 Aplikasi yang Dapat Mempermudah Pekerjaan Teknik Sipil

Akhir-akhir ini kita disuguhi dengan berbagai macam aplikasi yang semakin mudah untuk digunakan oleh masyarakat awam, baik difungsikan sebagai aplikasi yang  bertujuan untuk mempermudah sebuah pekerjaan, berinteraksi sosial, maupun untuk mengakomodir kebutuhan kita dalam transportasi. Sebagai contoh aplikasi untuk berinteraksi seperti media sosial, kita dapat berkomunikasi dengan melalui dunia maya tanpa harus bertatap muka secara langsung, sehingga komunikasi dengan teman dan keluarga yang sulit untuk dijumpai secara langsung dapat dilakukan. Demikian pula untuk aplikasi yang mempermudah kita untuk menjalankan pekerjaan. Kita dapat mengerjakan sebuah pekerjaan dengan cepat tanpa harus mengetahui bagaimana aplikasi tersebut diciptakan.

Teknik sipil sendiri merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang memperlajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan seorang teknik sipil sebagai perencana :
  1. Aplikasi SAP 2000

    Contoh penggunaan SAP2000 untuk perhitungan rangka atap

    Structure and Analysis Program atau yang dikenal  dengan SAP2000 merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh computers and structures, inc. Sap pada dasarnya dikembangkan untuk pemodelan struktur, baik itu struktur beton maupun struktur baja. Pada SAP2000 kita dapat mengetahui gaya yang terjadi pada struktur yang sudah kita modelkan didalam aplikasi ini, selain itu aplikasi ini juga dapat melakukan analisa terhadap keamanan bangunan dan kebutuhan tulangan untuk bangunan yang sebelumnya sudah dimodelkan. Pembahasan aplikasi ini secara mendetail akan saya bahas di pembahasan selanjutnya.
  2. AutoCAD

    Contoh penggunaan AutoCAD untuk penggambaran detail rangka atap

    AutoCAD merupakan perangkat lunak komputer CAD (Computer Aided Design) untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD secara keseluruhan adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. CAD sendiri merupakan aplikasi yang menggantikan fungsi meja gambar yang cukup rumit dan kompleks yang saat ini sudah sangat jarang digunakan. Aplikasi ini digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dll.
  3. Sketchup
  4. Contoh penggunaan Sketchup untuk menggambar model bangunan 3D
    Penggunaan Sketchup awalnya ditujukan untuk Arsitektur dan Teknik sipil untuk desain bangunan 3D. Sketchup merupakan aplikasi desain grafis yang dimiliki oleh Trimble.  Aplikasi ini pertama dikembangkan oleh @lastsoftware, kemudian pada tahun 2006 perusahaan ini diakusisi oleh google sebagai bentuk ketertarikannya terhadap aplikasi sketchup. Namun pada tahun 2012 aplikasi ini dijual kepada perusahaan trimble yang sekarang terus mengembangkan aplikasi ini. Sketchup sendiri dikenal karena user friendly, namun bukan berarti dengan tampilan dan cara penggunaannya yang simpel memberikan hasil pemodelan yang buruk, justru dengan menggunakan sketchup orang yang sangat awam terhadap aplikasi ini dapat dengan mudah mempelajarinya dan menghasilkan pemodelan yang hampir setara dengan aplikasi design 3D lainnya yang dianggap lebih rumit dalam penggunaannya. Pembahasan aplikasi ini secara detail akan saya muat diartikel selanjutnya.
Itulah beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh seorang teknik sipil untuk memudahkan perencanaan sebuah proyek pekerjaan. 

Semakin modern sebuah peradaban maka cara dan sistem kerja kita sebagai manusia akan terus dituntut agar lebih efisien baik dari segi waktu, biaya, dan tenaga. Jadi merupakan kewajiban kita untuk terus belajar dan mulai membagikan ilmu yang sudah kita kuasai agar ilmu tersebut dapat terus digunakan dan dikembangkan untuk generasi selanjutnya.

TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar