Rabu, 29 Maret 2017

Membaca hasil design pada balok dengan menggunakan SAP2000

SAP2000 merupakan salah satu aplikasi yang harus dikuasai oleh lulusan teknik sipil saat ini. Mungkin sudah banyak dari kita yang mengetahi cara mengoprasikan SAP2000 untuk mencari gaya yang dibutuhkan untuk perhitungan manual. Namun selain berfungsi sebagai pemodelan struktur bangunan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan analisis terhadap struktur yang sudah kita modelkan, sehingga fungsi dari aplikasi SAP2000 bukan hanya menampilkan gaya-gaya seperti momen, lintang, dan normal tetapi juga dapat menghitung keamanan model bangunan kita dan luas tulangan yang dibutuhkan namun dengan sedikit penyesuaian.

Pada pembahasan ini hanya saya batasi pada bangunan beton bertulang dan hanya pada frame balok. Penyesuaian yang kita lakukan berdasarkan ketentuan SNI dengan merubah beberapa poin sebagai berikut :
  • Pada design → concrete frame design → view/revise preverence
display concrete frame design preferences for ACI
  • Gunakan settingan ACI 318-05/IBC2003
  • Ganti settingan default pada phi (tension controled) menjadi 0,8 dan phi (joint shear) menjadi 0,6
  • Ok → start design/check of structure
setelah proses design selesai anda akan melihat angka pada tiap frame yang menggunakan beton apabila angka yang tertera sebagai O/S maka dimensi frame atau bentuk struktur anda kurang memenuhi syarat. Lakukan redesign untuk memperbaikinya. Setelah semua frame tidak terdapat tulisan O/S pastikan satuan anda dalam N, mm, C kemudian pilih salah satu frame balok yang memiliki angka terbesar tergantung pada tulangan yang ingin anda cari, sebagai contoh saya ingin mencari luas tulangan tumpuan(top steel) seperti gambar berikut :
  • Cari angka terbesar pada longitudinal reinforcing untuk mencari tulangan longitudinal/pokok. 
  • Pilih summary, sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut :

  • Dari gambar dapat dilihat kebutuhan tulangan untuk tulangan tumpuan adalah 344,738 mm2.
  • lakukan hal yang sama untuk mencari tulangan lapangan (bottom steel).

Dari sini dapat kita lihat bahwa SAP2000 memiliki kemampuan untuk mendesign sebuah bangunan bahkan sampai ke detail bangunan seperti tulangan yang dibutuhkan pada setiap frame balok atau kolom. Hal yang harus anda lakukan apabila anda ragu dengan hasil sap yang ada, anda dapat membandingkannya dengan perhitungan manual. 

SAP2000 merupakan salah satu aplikasi yang mencerminkan kebutuhan kita akan efesiensi dalam sebuah perencanaan. Salah satunya adalah efesiensi waktu yang sangat berpengaruh di era pembangunan modern saat ini. 

TERIMAKASIH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar