Rabu, 29 Maret 2017

Sistem Informasi Manajemen Sebagai Kebutuhan

Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggrismanagement information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusiadokumenteknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusansistem pakar, dan sistem informasi eksekutif

Dewasa ini kebutuhan akan ekosistem kerja yang teratur dan tertata menjadi sebuah kewajiban dalam sebuah organisasi maupun dalam ekosistem kerja yang kompleks. Contohnya saat ini hampir semua universitas sudah menerapkan SIM dalam proses pendidikannya, seperti beberapa kampus yang sudah menerapkan sistem fingerprint untuk absensi dosen bahkan sudah ada yang menerapkan untuk absensi mahasiswa. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sistem pendidikan di kampus itu sendiri. Dalam contoh lainnya seperti pengembangan e-KTP yang sudah terhubung dengan jaringan sehingga seharusnya memudahkan kita sebagai warga negara dalam mengurus pembuatan KTP dan surat-surat yang berhubungan dengan dinas kependudukan dan catatan sipil, walaupun pada kenyataanya belum maksimal penerapannya di lapangan karena minimnya pemahaman pihak yang  yang memegang mandat mengerti dengan pemahaman bahwa proses ini diciptakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus kebutuhannya bukan malah mempersulit masyarakat, hal yang seperti ini sebenarnya dapat di tanggulangi dengan penyuluhan dan memberikan pemahaman kepada pihak-pihak yang bertugas dilapangan, tetapi tentu saja penggunaan sistem informasi manajemen ini merupakan sebuah kemajuan dalam sistem manajemen di pemerintahan kita. Berikut merupakan illustrasi proses pembuatan e-KTP :
Berikut merupakan pengaruh positif dari diterapkannya sistem informasi manajemen yaitu :
  1. Menambah efesiensi terhadap data yang disajikan seperti keakuratan data dan penyajian data yang lebih real time.
  2. Menambah produktifitas dan pengurangan biaya dalam prosesnya.
  3. Mempermudah pihak-pihak yang memiliki hak untuk mengakses data yang dibutuhkannya.
  4. Mempermudah sistem kerja bagi pengolah data dan pihak-pihak yang yang terlibat di dalamnya.
Tentu saja kebutuhan akan penerapan SIM didasari oleh perkembangan teknologi terutama teknologi yang berhubungan dengan komputer dan internet. 

Kita tidak dapat menolak untuk sebuah kemajuan teknologi karena apabila dimanfaatkan dengan benar maka akan memberikan dampak positif yang sangat signifikan dalam kehidupan.

TERIMAKASIH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar